Mata kuliah ini membahas tentang konsep IPE, kebutuhan penerapan IPE sebagai upaya peningkatan kualitas asuhan, teknik komunikasi antar profesi, pelaksanaan asuhan yang berpusat pada pasien/keluarga dan masyarakat, mengklarifikasi peran dan tanggung jawab antar profesi, bekerja dalam tim/manajemen konflik, colaboratif leadership dan interprofesional conflict resolution.

Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan  sistem musculoskeletal, integument, persepsi sensori dan persarafan. Pemberian askep pada kasus gangguan sistem musculoskeletal, integument, persepsi sensori dan persarafan berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia, anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medical bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi, bedah, nutrisi dan rehabilitasi. Gangguan dari sistem tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative, trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik local, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi modalitas keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL) dan belajar berdasarkan masalah (BDM) dan praktik laboraorium

Deskripsi Mata Kuliah

Fokus mata ajaran ini membahas konsep homecare dan aplikasinya di komunitas dan masyarakat, meliputi pemahaman terhadap konsep homecare, peran perawat dalam homecare, aplikasi praktek dalam manajemen perawatan luka. Proses pembelajaran meliputi kuliah pakar, diskusi, dan praktek prosedur manajemen perawatan luka di laboratorium.


matakuliah ini mempelajari tentang prespektif keperawatan dan konsep perawatan paliatif, etik, kebijakan, teknik menyampaikan berita buruk, komunikator, kebutuhan psikologis pasien paliatif, manajeman nyeri, berbagai macam terapi komplementer, tinjuan agama dan budaya tentang penyakit kronik