A.  Pengantar

 Meskipun reformasi telah  bergulir,  namun hingga saat  ini bangsa dan negara Indonesia masih menghadapi berbagai persoalan yang serius. Di dalam negeri, persoalan rendahnya kepercayaan terhadap pemerintah, lemahnya penegakan hukum, meningkatnya potensi disintegrasi oleh meningkatnya semangat primordialisme, perselisihan ideologi, politik, agama, dekadensi moral, kemiskinan dan pengangguran, serta makin rusaknya lingkungan hidup, semakin mengancam  kelanggengan persatuan bangsa Indonesia. Dari luar  negeri  berupa tantangan globalisme bagi negara kebangsaan.

Mencermati situasi kehidupan kebangsaan yang demikian, bagi dunia pendidikan tidak ada pilihan lain kecuali melakukan upaya pro-aktif pembinaan nasionalisme untuk menggugah  semangat  kebangsaan  dan  kecintaan    pada  tanah  air  para  peserta  didik sebagai generasi muda penerus bangsa. Dengan    pembinaan nasionalisme atau kebangsaan  melalui  proses  dan  metode  pembelajaran  PKn  yang  efektif  diharapkan peserta didik memperoleh wawasan kebangsaan yang luas, sehingga mampu  memahami dan menyikapi dinamika persoalan kebangsaan yang terus berkembang, serta menumbuhkan  jiwa kemandirian dan rasa  kecintaan pada tanah air.