Mata Kuliah Untuk Peminatan Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan (KMPK)

Peminatan KMPK - MK Manajemen Pelayanan Kesehatan

Bahan Kajian :

1. Organisasi lingkungan
2. Evaluasi sumberdaya internal dan kemampuan organisasi, stakeholder interests
3-4. H
ubungan antar organisasi, jaringan sosial dan ketertarikan komunitas, pengaruh luar dalam organisasi
5-6. Model dan teori manajemen, kerangka dan alat untuk mengatur perubahan, performance management

7. Individu grup dan dinamika tim
8. Ujian Tengah Semester (UTS)
9. Kreativitas dan inovasi, pembelajaran interpersonal
10. Kemampuan manajemen personal, manajer yg efektif,
11. Prinsip kepemimpinan dan delegasi
12-13. Komunikasi efektif, prinsip negosiasi

14-15. Kekuatan dan kepemilikan, perubahan perilaku

16. Ujian Akhir Semester (UAS)

Bahan Kajian :

1. Pengantar ekonomi kesehatan

2. Assesing Performace (Penilaian Kinerja),

3. Alokasi Dana, Sistem Pelayanan Kesehatan dan Insentif

4. Pendanaan pelayanan kesehatan

5. Economic Appraisal

6. Analisis Pengambilan Keputusan

7. Analisis Marginal,

8. Evaluasi Ekonomi dan Pengaturan Prioritas Biaya Pelayanan Kesehatan,

9. Pembayaran untuk pelayanan

10. Metode untuk Mengaudit Pengeluaran Pelayanan Kesehatan

Bahan Kajian :

1. Penggunaan informasi untuk perencanaan dan evaluasi pelayanan kesehatan

2. Spesifikasi dan penggunaan sistem informasi,

3. Pengukuran untuk syarat pelayanan kesehata

4. Model matematika dalam perencanaan pelayanan kesehatan

5. Indikator masukan dan keluaran dari pelayanan

6. Isu informasi kesehatan, teknologi informasi dan syarat pelayanan kesehatan, prinsip informasi pemerintah

7. Prinsip-prinsip yang mendasari pembangunan klinik, keterlibatan publik dan pasien dalam perencanaan pelayanan kesehatan, akuntabilitas profesional, manajemen risiko dan keselamatan pasien


Bahan Kajian :

1. Pengembangan Strategi dan Implementasi Kebijakan : Perbedaan antara kebijakan dan strategi serta dampak dari kebijakan kesehatan,

2. Teori perencanaan strategis

3. Prinsip dasar pengembangan kebijakan kesehatan dan strategi meluncurkannya

4. Prinsip keterlibatan stakeholder dalam pengembangan kebijakan menyangkut pertimbangan fasilitas dan hambatan

5. Implementasi dan evaluasi kebijakan & masalah penerapan kebijakan

6. Pengembangan strategi pelayanan kesehatan-perencanaan dan pengembangan pelayanan kesehatan, kebijakan nasional dan global yang relevan dalam kesehatan masyarakat & analisis dalam konteks teoritis efek dari kebijakan kesehatan


Bahan Kajian :

1. Pelayanan Kesehatan : pendekatan untuk pelayanan kesehatan, RS sebagai institusi sosial, profesi, otonomi klinis, perilaku sakit, psikologi untuk pengambilan keputusan dalam perilaku kesehatan

2. Equality, Equity dan Policy : Kebutuhan dan keadilan sosial, prioritas dan rasio, keseimbangan dan efisiensi, konsumerisme dan partisipasi komunitas,kerangka prioritas dan ekuitas penyediaan layanan, akses publik terhadap informasi, keterlibatan user dan carer

3. Kekuatan, ketertarikan dan ideologi, ketidakadilan dalam kesehatan dan akses terhadap kesehatan,

4. Efek sosial dan kesehatan dari migrasi, efek terhadap kesehatan dari perdagangan internasional,

5. Pengaruh global dari kebijakan sosial dan kesehatan & analisis kritis dari investasi dalam program kesehatan